Balikpapan Jadi Target Jaringan Narkotika Internasional

Written By bopuluh on Kamis, 28 Maret 2013 | 04.14

BALIKPAPAN, KOMPAS.com – Kantor Pengawasan dan Pelayanan Bea dan Cukai (KPPBC) Tipe Madya Pabean B Balikpapan dan Direktorat Reserse Narkoba Kepolisian Daerah Kalimantan Timur kembali menggagalkan penyelundupan narkotika jenis sabu-sabu, Kamis (28/3/2013).

Sabu-sabu seberat 536 gram atau senilai Rp 1 milliar ini lagi-lagi dikirim dari India. Dalam kasus ini, aparat berwenang menangkap NM alias Emon (39), warga Kelurahan Margomulyo, Kecamatan Balikpapan Barat.

"Ini sebuah petunjuk bahwa Balikpapan sudah menjadi satu target peredaran jaringan narkotika internasional," kata Kepala Badan Narkotika Nasional Kota Balikpapan, I Ketut Rasna.

Sebelum kasus ini, pihak berwenang menggagalkan dua upaya penyelundupan narkotika dengan barang bukti cukup besar. Dua orang berinisial HP dan FS ditetapkan sebagai tersangka dari kasus sebelumnya. Keduanya ditangkap pada waktu yang berbeda di Januari 2013 dengan barang bukti sabu-sabu dari masing-masing tersangka seberat 2 kilogram.

Sejumlah faktor melatari belakangi Balikpapan menjadi salah satu target menarik bagi peredaran narkotika. Menurutnya Ketut, pertumbuhan ekonomi, perkembangan kota, serta tingkat kesejahteraan warga Balikpapan menjadi daya tarik para pengedar.

"Masyarakat Balikpapan sejahtera dan makmur. Maka barang seperti ini menjadi komoditi yang menarik untuk dijual," kata Ketut.

Persoalan lain muncul dari lemahnya pengawasan barang-barang yang dikirim ke luar negeri. Di banyak negara mengalami hal serupa. "Banyak negara lemah dalam pengawasan barang yang diekspor, tapi ketat pengawasan untuk barang impor," kata Ketut.

Penggagalan beberapa kali penyelundupan di Balikpapan ini menandakan jumlah pemakai juga banyak. Menurut Ketut, salah satu upaya terbaik adalah peningkatan kesadaran masyarakat di segala lapisan tentang buruknya narkotika. Kesadaran itu sangat membantu memutus hubungan jaringan narkotika dengan pengguna.

"Edukasi pada masyarakat adalah yang paling utama. Selain itu kita rehabilitasi dulu yang pecandu-pecandu. Bersama itu kita memberantas jaringannya. Dengan demikian kita bisa memutuskan hubungan dengan jaringan mereka," kata Ketut.


Anda sedang membaca artikel tentang

Balikpapan Jadi Target Jaringan Narkotika Internasional

Dengan url

http://efficacycupofcoffee.blogspot.com/2013/03/balikpapan-jadi-target-jaringan.html

Anda boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya

Balikpapan Jadi Target Jaringan Narkotika Internasional

namun jangan lupa untuk meletakkan link

Balikpapan Jadi Target Jaringan Narkotika Internasional

sebagai sumbernya

0 komentar:

Posting Komentar

techieblogger.com Techie Blogger Techie Blogger