Masih Ada Sipir Nakal di Nusakambangan

Written By bopuluh on Rabu, 30 Januari 2013 | 03.14

Sindikat Narkotika

Masih Ada Sipir Nakal di Nusakambangan

Penulis : Gregorius Magnus Finesso | Rabu, 30 Januari 2013 | 18:02 WIB

maps.google.com

Pulau Nusakambangan

CILACAP, KOMPAS.com - Pihak Lembaga Pemasyarakatan Pulau Nusakambangan, Kabupaten Cilacap, Jawa Tengah, mengakui masih ada petugas dan sipir nakal yang membantu narapidana dengan menyelundupkan telepon seluler ke dalam penjara.

Pihak LP tidak akan berkompromi, dan berkomitmen menindak petugas-petugas bandel semacam ini demi bebasnya Nusakambangan dari sindikat peredaran narkotika.

Hal itu disampaikan Hermawan Yunianto, mantan Koordinator Lembaga Pemasyarakatan (LP) se-Nusakambangan, yang baru beberapa hari dimutasi ke LP Gorontalo.

Hermawan mengaku sangat memahami situasi dan kondisi lingkungan penjara yang sering disorot karena banyak tersangkut peredaran narkotika tersebut.

"Kami tahu ada masalah di internal. Tetapi kami coba terus memperbaiki. Tidak ada kompromi. Beberapa sipir yang ketahuan menjadi kurir nerkoba atau menyelundupkan ponsel sudah dihukum. Bahkan ada yang dijatuhi hukuman penjara," ujarnya, Rabu (30/1/2013).

Sejak November 2012, pihak LP Nusakambangan juga memperketat pemeriksaan terhadap barang bawaan para pengunjung narapidana penghuni sejumlah LP di pulau itu. Para kepala LP sepakat mensterilkan Nusakambangan sejak di Dermaga Wijayapura, yang merupakan satu-satunya pintu masuk resmi menuju pulau penjara tersebut.

Menurut Hermawan, pihaknya mencoba menertibkan setiap pembesuk yang akan menyeberang ke Nusakambangan menggunakan standar operasional prosedur (SOP). Setiap tas pembesuk diperiksa secara detail.

Diakuinya, penertiban ini berdampak pada lamanya pemeriksaan sehingga perjalanan kapal penyeberangan ke Nusakambangan tertunda. Namun, hal ini sudah menjadi konsekuensi, sehingga diharapkan yang akan datang, para pembesuk tidak perlu membawa barang-barang berlebihan.

Akhir-akhir ini Nusakambangan menjadi sorotan, karena banyak peredaran narkotika internasional dikendalikan oleh narapidana yang mendekam di sana. Mereka mengendalikannya dengan telepon seluler.


Anda sedang membaca artikel tentang

Masih Ada Sipir Nakal di Nusakambangan

Dengan url

http://efficacycupofcoffee.blogspot.com/2013/01/masih-ada-sipir-nakal-di-nusakambangan.html

Anda boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya

Masih Ada Sipir Nakal di Nusakambangan

namun jangan lupa untuk meletakkan link

Masih Ada Sipir Nakal di Nusakambangan

sebagai sumbernya

0 komentar:

Posting Komentar

techieblogger.com Techie Blogger Techie Blogger