Dikepung Banjir, Warga Berebut Dokar

Written By bopuluh on Senin, 07 Januari 2013 | 03.14

Dikepung Banjir, Warga Berebut Dokar

Penulis : Kontributor Bone, Abdul Haq | Senin, 7 Januari 2013 | 18:00 WIB

SOPPENG,KOMPAS.com - Banjir yang merendam sembilan kecamatan di Kabupaten Soppeng, Sulawesi Selatan, telah memutuskan jalan poros ke Kabupaten Wajo dan Kabupaten Sidrap. Ribuan rumah warga serta ribuan hektare persawahan terendam banjir,  Senin (7/1/2013).

Di sejumlah kecamatan, warga bahkan tak mampu berbuat banyak kecuali bisa pasrah menunggu air surut lantaran. Seperti yang terjadi di Kecamatan Marioriwawo, sedikitnya tiga desa terendam banjir, Kecamatan Citta dua desa terendam, Kecamatan Lalabata dua kelurahan terendam, Kecamatan Lilirilau empat desa terendam.

"Tim Tagana sudah turun bagikan sembako bagi warga korban banjir dan seluruh lapisan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) juga sudah diinstruksikan untuk turun menangani bancana," kata Sarianto, Sekrtearis Satuan Petugas (Satgas) Penanggulangan Bencana Kabupaten Soppeng.

Banjir terparah di wilayah ini berada di Salaenro Kelurahan Ujung Kecamatan Lilirilau. Selain merendam ratusan rumah warga, banjir juga menggenangi jalan raya hingga setinggi perut orang dewasa, padahal jalan itu merupakan akses menuju kabupaten Wajo.

Kemacetan panjang tak dapat terhindarkan. hingga hari ini kemacetan telah mencapai tiga kilometer, sementara warga yang nekat menorobos banjir menjadikan kuda dan dokar menjadi alat transportasi utama, akibatnya warga berebutan untuk bisa menumpang.

Ini merupakan berkah tersendiri bagi sais dokar yang selama ini  tergusur oleh angkot dan tukang ojek. "Baru kali ini saya dapat penumpang banyak begini sampai-sampai sudah ratusan ribu rupiah saya dapat ini hari. Padahal biasanya warga biar ditawari dengan harga murah pun tidak mau menumpang," beber Latenri Tata, salah seorang sais dokar dengan raut muka gembira.


Anda sedang membaca artikel tentang

Dikepung Banjir, Warga Berebut Dokar

Dengan url

http://efficacycupofcoffee.blogspot.com/2013/01/dikepung-banjir-warga-berebut-dokar.html

Anda boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya

Dikepung Banjir, Warga Berebut Dokar

namun jangan lupa untuk meletakkan link

Dikepung Banjir, Warga Berebut Dokar

sebagai sumbernya

0 komentar:

Posting Komentar

techieblogger.com Techie Blogger Techie Blogger