Akil Mengaku Pernah Sekantor dengan Susi di Pontianak

Written By bopuluh on Rabu, 09 Oktober 2013 | 04.14


JAKARTA, KOMPAS.com - Ketua Mahkamah Konstitusi nonaktif Akil Mochtar mengakui bahwa pengacara Susi Tur Andayani merupakan kenalan dekatnya. Menurut pengacara Akil, Tamsil Sjoekoer, keduanya pernah bekerja dalam satu kantor pengacara di Pontianak, Kalimantan Barat. Ketika itu, Akil masih menjadi pengacara.

"Pernah di Pontianak dulu," kata Tamsil di Jakarta, Rabu (9/10/2013).

Namun, Tamsil mengaku tidak tahu mengenai dugaan kalau Susi mengalirkan dana ke CV RS yang diduga badan usaha milik Akil di Pontianak. Informasi yang diperoleh Kompas, meski berpraktik pengacara di Lampung, Susi tercatat mengirimkan miliaran rupiah ke CV RS yang bergerak di bidang perdagangan umum dan jasa di Pontianak.

Susi ditangkap KPK di Lebak, Banten, terkait dengan penanganan sengketa Pilkada Kabupaten Lebak di MK. Penangkapan Susi dilakukan Kamis pagi setelah pada Rabu malam, KPK menangkap Akil yang sedang dalam proses menerima uang yang diduga suap dari anggota Komisi II DPR dari Fraksi Partai Golkar, Chairun Nisa, dan pengusaha asal Palangkaraya, Cornelis Nalau, terkait dengan penanganan sengketa Pilkada Kabupaten Gunung Mas, Kalimantan Tengah.

Hampir berbarengan dengan penangkapan Susi, KPK menangkap pengusaha Tubagus Chaeri Wardana alias Wawan, yang juga adik Gubernur Banten Ratu Atut Chosiyah, di rumahnya, Jalan Denpasar IV Nomor 35, Jakarta Selatan.

Susi dan Akil disangka menerima suap dengan barang bukti Rp 1 miliar dari Wawan. Selain disangka melakukan tindak pidana korupsi, Akil juga diduga melakukan tindak pidana pencucian uang dengan menggunakan perusahaan yang dikendalikan kerabat dekatnya di Pontianak, Kalimantan Barat. Perusahaan itu dalam bentuk commanditaire vennootschap (CV) dalam bidang perdagangan umum dan jasa yang berlokasi di Pontianak berinisial RS.

Sejumlah transaksi mencurigakan bernilai miliaran rupiah diduga mengalir ke CV berinisial RS ini. KPK pun bakal menjerat Akil dengan tindak pidana pencucian uang, selain dengan pasal-pasal tindak pidana korupsi yang telah disangkakan sebelumnya.

Editor : Caroline Damanik


Anda sedang membaca artikel tentang

Akil Mengaku Pernah Sekantor dengan Susi di Pontianak

Dengan url

http://efficacycupofcoffee.blogspot.com/2013/10/akil-mengaku-pernah-sekantor-dengan.html

Anda boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya

Akil Mengaku Pernah Sekantor dengan Susi di Pontianak

namun jangan lupa untuk meletakkan link

Akil Mengaku Pernah Sekantor dengan Susi di Pontianak

sebagai sumbernya

0 komentar:

Posting Komentar

techieblogger.com Techie Blogger Techie Blogger