Orang Sehat Berhak Mendapat Pelayanan

Written By bopuluh on Selasa, 12 Maret 2013 | 04.14

Layanan Kesehatan

Orang Sehat Berhak Mendapat Pelayanan

Penulis : Andy Riza Hidayat | Selasa, 12 Maret 2013 | 18:01 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Pelayanan kesehatan tidak hanya untuk orang sakit. Pelayanan kesehatan juga menjadi hak orang yang masih sehat. Mereka perlu mendapat pelayanan dokter sebelum jatuh sakit. Untuk melayani mereka, tidak bisa lagi mengandalkan pelayanan Pusat Kesehatan Masyarakat (Puskesmas). Pemerintah harus mengembangkan pelayanan primer di luar Puskesmas.

Pelayanan kesehatan bukan hanya untuk orang sakit saja. Orang yang belum sakit pun harus mendapat pelayanan kesehatan agar tidak jatuh sakit. Dengan kondisi seperti ini tidak bisa menggantungkan kepada Puskesmas.

-- Zaenal Abidin

"Pelayanan kesehatan bukan hanya untuk orang sakit saja. Orang yang belum sakit pun harus mendapat pelayanan kesehatan agar tidak jatuh sakit. Dengan kondisi seperti ini tidak bisa menggantungkan kepada Puskesmas," kata Ketua Pengurus Besar Ikatan Dokter Indonesia, Zaenal Abidin, Selasa (12/3/2013) di Jakarta.

Saat ini, pelayanan kesehatan di tingkat Puskesmas membludak. Seorang dokter, dalam delapan jam kerja harus melayani lebih dari 100 pasien. Padahal, idealnya mereka bisa melayani 30 pasien saja. Jumlah ini cukup untuk konsultasi antara pasien dan dokter.

Berangkat dari kondisi itu, pengembangan pelayanan primer harus menjadi pilihan. Selain mengandalkan Puskesmas yang sudah kewalahan, pemerintah harus menunjuk klinik kesehatan di semua wilayah menjadi tempat pelayanan. Sistem pelayanan mereka bisa dilakukan dengan rayonisasi.

"Di Jakarta ada ribuan klinik kesehatan yang bisa dipakai sebagai tempat pelayanan. Ini upaya memperkuat pelayanan primer di ujung rangkaian pelayanan program Kartu Jakarta Sehat," kata Zaenal.


Anda sedang membaca artikel tentang

Orang Sehat Berhak Mendapat Pelayanan

Dengan url

http://efficacycupofcoffee.blogspot.com/2013/03/orang-sehat-berhak-mendapat-pelayanan.html

Anda boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya

Orang Sehat Berhak Mendapat Pelayanan

namun jangan lupa untuk meletakkan link

Orang Sehat Berhak Mendapat Pelayanan

sebagai sumbernya

0 komentar:

Posting Komentar

techieblogger.com Techie Blogger Techie Blogger