Niat Jokowi Terganjal Kerumitan Birokrasi

Written By bopuluh on Senin, 11 Maret 2013 | 04.14

JAKARTA, KOMPAS.com - Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo nampak kebingungan saat ditanya mengenai penyelesaian jalan rusak di Ibu Kota. Di satu sisi ia ingin seluruh titik jalan rusak segera diperbaiki, tapi di sisi lain ia seperti "tersandera" birokrasi yang rumit sehingga ia terpaksa mengurungkan niatnya.

Di pemerintahan yang rumit prosedurnya memang enggak bisa jalan langsung, perlu melewati lelang. Kalau saya biasa di swasta, ada duit, besok pagi langsung

-- Jokowi

Pria yang akrab disapa Jokowi ini menjelaskan, lambannya penyelesaian jalan rusak salah satunya dipicu oleh APBD DKI 2013 yang baru bisa cair pada 26 Februari lalu. Selain itu, aturan main juga menjadi rumit karena harus melewati proses tender selama sekitar 45 hari.

"Di pemerintahan yang rumit prosedurnya memang enggak bisa jalan langsung, perlu melewati lelang. Kalau saya biasa di swasta, ada duit, besok pagi langsung (dikerjakan)," kata Jokowi di Balaikota Jakarta, Senin (11/3/2013).

Untuk itu, kata Jokowi, sementara ini penanganan jalan rusak di seluruh penjuru Ibu Kota baru dilakukan sekadarnya dengan cara ditambal. Ia bertekad agar masalah jalan rusak bisa segera teratasi setidaknya di tahun ini.

"Ya sudah ditambal, tapi itu bukan penyelesaian masalah. Mestinya (diperbaiki) total, biar jalan (jadi) bagus," ujarnya.

Jumlah jalan rusak di DKI semakin banyak, terutama setelah banjir merendam wilayah Jakarta seluas 41 kilometer persegi pada pertengahan Januari 2013. Pada akhir Januari 2013, Dinas Pekerjaan Umum DKI Jakarta mencatat ada sekitar 8.000 lokasi jalan rusak dengan luas sekitar lima juta meter persegi. Kerusakan melanda hampir semua wilayah di Jakarta. Namun, kerusakan paling banyak terjadi di Jakarta Timur.

Sebelum banjir, Dinas Pekerjaan Umum DKI mencatat ada 15 ruas jalan yang harus segera diperbaiki. Namun, setelah banjir, kerusakan bertambah 13 ruas jalan.


Anda sedang membaca artikel tentang

Niat Jokowi Terganjal Kerumitan Birokrasi

Dengan url

http://efficacycupofcoffee.blogspot.com/2013/03/niat-jokowi-terganjal-kerumitan.html

Anda boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya

Niat Jokowi Terganjal Kerumitan Birokrasi

namun jangan lupa untuk meletakkan link

Niat Jokowi Terganjal Kerumitan Birokrasi

sebagai sumbernya

0 komentar:

Posting Komentar

techieblogger.com Techie Blogger Techie Blogger