PDI-P Temukan 1.878 Pelanggaran Jelang Pilgub Jabar

Written By bopuluh on Sabtu, 23 Februari 2013 | 03.14

PDI-P Temukan 1.878 Pelanggaran Jelang Pilgub Jabar

Penulis : Indra Akuntono | Sabtu, 23 Februari 2013 | 17:52 WIB

KOMPAS.com/Kurnia Sari Aziza

Calon Gubernur dan Wakil Gubernur JawaBarat Rieke Diah Pitaloka dan Teten Masduki, Sabtu (16/2/2013).

TERKAIT:

JAKARTA, KOMPAS.com - Ketua Tim Kuasa Hukum DPP PDI Perjuangan Arteria Dahlan membeberkan sejumlah temuan dugaan penyimpangan menjelang berlangsungnya Pemilihan Gubernur Jawa Barat (Pilgub Jabar). Namun begitu, pihaknya mengaku siap mengawal proses pemiihan agar berjalan baik.

Dalam jumpa pers di Kantor DPP PDI Perjuangan, Lenteng Agung, Jakarta Selatan, Arteria membeberkan ada 1.878 pelanggaran yang ditemukan jelang berlangsungnya Pilgub Jabar. Dari jumlah tersebut, jenis pelanggaran sangat berbeda-beda dan terjadi di sejumlah wilayah, mulai dari mencuri start, pengkondisian birokrasi, blocking, penyalahgunaan wewenang dan kekuasaan dari RT/RW sampai kepala daerah, Babinsa, Camat, dan Bupati, serta intimidasi fisik dan non-fisik.

"Semua pelanggaran itu kuantitatif dan terukur," kata kata Arteria, Sabtu (23/2/2013).

Selanjutnya, kata dia, hingga kini masih ada saja warga Jabar yang tidak bisa memilih. Khususnya adalah para buruh yang terancam tak dapat memberikan hak pilihnya di tempat pemungutan suara (TPS) karena tidak mendapatkan libur dari tempatnya bekerja. Ketua Tim Kuasa Hukum pasangan calon Gubernur Rieke Diah Pitaloka-Teten Masduki ini juga meminta ada TPS khusus di rumah sakit. Dengan demikian, hal ini dapat mengakomodir warga pemilih yang berhalangan memberikan hak suaranya dari TPS di mana dia tinggal.

"Kita minta Panwaslu untuk mengeluarkan surat edaran karena waktu pemilihan bisa dilakukan di hari libur, atau di hari yang diliburkan. TPS di rumah sakit juga sudah diwajibkan," ujarnya.

Sebagai langkah prefentif, PDI-P mengerahkan sekitar 95.000 relawan yang akan bekerja sebagai pemantau dan tim advokasi. Semuanya telah disebar ke 74.000 TPS di 600 kecamatan. "Kami pastikan besak yang namanya demokrasi berjalan dengan baik," kata Arteria.


Anda sedang membaca artikel tentang

PDI-P Temukan 1.878 Pelanggaran Jelang Pilgub Jabar

Dengan url

http://efficacycupofcoffee.blogspot.com/2013/02/pdi-p-temukan-1878-pelanggaran-jelang.html

Anda boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya

PDI-P Temukan 1.878 Pelanggaran Jelang Pilgub Jabar

namun jangan lupa untuk meletakkan link

PDI-P Temukan 1.878 Pelanggaran Jelang Pilgub Jabar

sebagai sumbernya

0 komentar:

Posting Komentar

techieblogger.com Techie Blogger Techie Blogger