Pemenang Elizabeth ONeill Journalism Award Diumumkan

Written By bopuluh on Selasa, 15 Januari 2013 | 03.14

JAKARTA, KOMPAS.com -- Menteri Luar Negeri Australia Bob Carr, Selasa (15/1/2013), mengumumkan wartawan ABC, Amy Bainbridge, dan redaktur berita dalam jaringan Indonesia, Renne Kawilarang, sebagai pemenang penghargaan Elizabeth ONeill Journalism Award tahun ini.

Carr mengatakan, keduanya sudah sepantasnya menjadi pemenang penghargaan ini mengingat komitmen dan minat mereka yang kuat terhadap hubungan antara Australia dan Indonesia. "Para pemenang akan melakukan kunjungan selama dua pekan ke negara mitra masing-masing untuk bertemu dengan para perwakilan utama pemerintah, dunia usaha dan masyarakat," tutur Carr.

Penghargaan ini disponsori oleh Departemen Luar Negeri dan Perdagangan Australia dan Lembaga Australia-Indonesia. Penghargaan ini diberikan setiap tahun kepada satu wartawan dari Australia dan satu wartawan dari Indonesia untuk saling berkunjung ke negara mitra masing-masing selama tiga minggu dalam suatu program yang didanai penuh.

"Hubungan antara kedua bangsa kita sangat mendasar dan Elizabeth ONeill Award memupuk pemahaman yang lebih luas yang menuntun ke liputan media yang lebih mendalam tentang isu-isu yang mempengaruhi kedua negara," papar Carr.

Bainbridge telah menangani banyak program berita teranyar Australia yang sangat penting seperti Lateline, PM dan World Today. Dalam kunjungannya ke Indonesia, Bainbridge akan fokus pada keterwakilan wanita dalam politik lokal dan dunia usaha, masyarakat Australia di Indonesia dan peran Islam di tengah masyarakat Indonesia modern.

Kawilarang, redaktur berita salah satu dari tiga situs web berita unggulan dalam jaringan di Indonesia, VIVAnews.com, mempunyai pengalaman hubungan internasional yang luas serta sebelumnya memenangi British Council Chevenings Scholarship.

Kawilarang akan memanfaatkan waktunya untuk meneliti hubungan Indonesia dengan Australia dengan mewawancarai sejumlah anggota diaspora Indonesia dan berbicara dengan pemuda Australia yang pernah tinggal di Indonesia.

Penghargaan ini untuk mengenang Liz ONeill, Atase Hubungan Masyarakat di Kedutaan Besar Australia di Jakarta yang gugur dalam tugas pada Maret 2007 dalam suatu kecelakaan pesawat terbang di Yogyakarta. Penghargaan ini terbuka untuk jurnalis dari berbagai organisasi media cetak, radio, televisi, dan internet.


Anda sedang membaca artikel tentang

Pemenang Elizabeth ONeill Journalism Award Diumumkan

Dengan url

http://efficacycupofcoffee.blogspot.com/2013/01/pemenang-elizabeth-oneill-journalism.html

Anda boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya

Pemenang Elizabeth ONeill Journalism Award Diumumkan

namun jangan lupa untuk meletakkan link

Pemenang Elizabeth ONeill Journalism Award Diumumkan

sebagai sumbernya

0 komentar:

Posting Komentar

techieblogger.com Techie Blogger Techie Blogger