Polisi Tetapkan 1 Tersangka dalam Bentrok di Bireuen

Written By bopuluh on Senin, 26 November 2012 | 03.14

BIREUEN, KOMPAS.com - Mukhtar bin Syakubat (25) ditetapkan sebagai tersangka dalam insiden pembantaian Tgk Aiyub Syakubat, di Desa Jambo Dalam, Kecamatan Peulimbang, Kabupaten Bireuen, Minggu (25/11/2012). Tersangka merupakan adik kandung korban yang menjadi salah satu pengikutnya.

Kapolres Bireuen AKBP Yuri Karsono Sik mengatakan, penetapan tersangka berdasarkan keterangan 20 saksi yang dihimpun serta didukung barang bukti berupa parang yang kini diamankan polisi. "Parang tersebut diakui milik tersangka yang digunakan untuk membacok massa pada malam kejadian," ujarnya.

Terkait tersangka lain yang segera ditetapkan, kapolres mengakui pihaknya mesti jeli dalam meneliti kasus tersebut. Sebab, korban jatuh tidak hanya dari pihak Tgk Aiyub cs, tetapi juga dari masyarakat yang pada malam kejadian menggerebek kediaman pemimpin terduga aliran sesat itu.

"Kita tidak ingin gegabah dalam menetapkan tersangka lanjutan dari kasus ini. Sejauh ini kita terus kumpulkan keterangan saksi dan barang bukti baru," tambah kapolres.

Kendati situasi kawasan Jambo Dalam pasca-penggerebekan yang berujung pembantaian itu mulai kondusif, namun diakuinya masyarakat masih dilanda kekhawatiran akibat adanya ancaman dari pengikut Tgk Aiyub yang tersisa.

"Sejumlah personel polisi masih melakukan penjagaan di sana. Upaya ini untuk memberikan rasa aman dan nyaman bagi masyarakat," kata kapolres.

Ia juga mengimbau agar sejumlah pengikut Tgk Aiyub bersedia melakukan komunikasi secara persuasif dengan pihaknya agar memudahkan penyelesaian kasus itu. Hingga 20 hari ke depan, ia tegaskan pihaknya terus menggelar operasi bersandi Damai Bireuen guna mengantisipasi hal-hal buruk yang dapat mengganggu stabilitas keamanan di wilayah hukum Polres Bireuen.

Sebelumnya diberitakan, bentrokan berdarah antara warga dengan sebuah kelompok yang diduga aliran sesat pimpinan Teungku Ayub di Desa Jambo Dalam, Kecamatan Plimbang, Bireuen, Aceh, mengakibatkan 3 orang tewas dan 9 luka. Teungku Ayub (60) sendiri tewas dalam bentrokan terjadi pada Jumat (16/11/2012) malam, pukul 22.30 tersebut.

***
Baca juga:


Anda sedang membaca artikel tentang

Polisi Tetapkan 1 Tersangka dalam Bentrok di Bireuen

Dengan url

http://efficacycupofcoffee.blogspot.com/2012/11/polisi-tetapkan-1-tersangka-dalam.html

Anda boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya

Polisi Tetapkan 1 Tersangka dalam Bentrok di Bireuen

namun jangan lupa untuk meletakkan link

Polisi Tetapkan 1 Tersangka dalam Bentrok di Bireuen

sebagai sumbernya

0 komentar:

Posting Komentar

techieblogger.com Techie Blogger Techie Blogger